Berdakwah merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim yang telah baligh dan berakal sehat, baik laki-laki maupun perempuan mempunyai kewajiban dalam menyiarkan ajaran Islam.  Dakwah sendiri memiliki pengertian ajakan atau panggilan untuk mengajak kepada seseorang atau sekelompok orang untuk beriman dan taat kepada Allah sesuai dengan garis aqidah, syari’at dan akhlak Islam.

Semakin berkembangnya zaman, teknologi semakin canggih sehingga mampu mempermudah kita sebagai masyarakat untuk berkomunikasi melalui media sosial, selain digunakan untuk berkomunikasi, media sosial juga mampu menjadi media dakwah, salah satunya adalah Instagram. Aplikasi Instagram merupakan salah satu aplikasi yang banyak digemari saat ini, selain digunakan untuk memposting foto pribadi juga dapat digunakan untuk media berdakwah. Banyaknya fitur yang digunakan di Instagram mampu membuat pendakwah membagikan aksesnya melalui Instagram, mulai dari membagikan di InstaStory, InstagramTV, Instagram live, Instagram live ini bisa dibagikan ke InstagramTV dari Instagram live ini biasa nya ada pertanyaan pertanyaan yang di jawab oleh pendakwah lalu di bagikan ke InstagramTV agar yang belum mengetahui bisa mengatahui nya dan juga postingan-postingan yang berisi tentang menyampaikan kebenaran. Yang lebih uniknya lagi InstagramTV mampu menyimpan durasi yang sangat lama dibanding InstaStory sehingga banyak pendakwah yang membagikannya melalui InstagramTV. Salah satu contohnya ialah Husain Ba Syaiban, Ia merupakan salah satu pemuda aktivis dakwah di Instagram yang cukup terkenal dengan berbagai konten dakwah yang diunggahnya melalui Instagram pribadinya yaitu @basyasman, kebanyakan dalam postingannya tersebut berisi tentang video-video yang menarik dengan Bahasa yang mudah dipahami. Selain Husain Ba Syaiban, adapun pendakwah lain yang menggunakan Instagram sebagai media berdakwah seperti @Muzammilhb, @boim97, @bahanan93 dan masih banyak lagi.

Dengan dijadikanya instagram sebagai media dakwah diharapkan mampu menambah wawasan kita sebagai umat muslim, namun banyak juga konten-konten yang menganjurkan berbuat sesuatu tanpa diketahui sumbernya darimana, yang dimana umat muslim sendiri haruslah berpedoman pada Al-qur’an dan Hadits.

Meskipun pengguna Instagram di Indonesia sudah terbilang cukup banyak, akankah aplikasi ini menjadi salah satu media yang efektif untuk digunakan sebagai media berdakwah? Dilansir dari situs berita di Indonesia Kompas.com yang menyatakan bahwa rata-rata pengguna Instagram di Indonesia adalah mereka yang berusia sekitar 18-24 tahun. Hal tersebut menjadikan aplikasi Instagram sangatlah efektif untuk dijadikan media dakwah dikarenakan di Indonesia sendiri pengguna internet sangatlah banyak yaitu 202,6 juta jiwa dan Instagram memasuki peringkat ketiga dalam media terpopuler di Indonesia, sehingga dari sini sasaran pendakwah adalah menyesuaikan tema yang sedang digemari oleh pengguna Instagram, sehingga tidak menutup kemungkinan aplikasi Instagram sangatlah efektif sebagai media berdakwah walaupun masyarakat yang sudah berusia lanjut sulit untuk mengakses aplikasi ini.

Oleh karena itu, walaupun beberapa masyarakat yang sudah berusia lanjut tidak dapat mengakses dakwah dari media sosial, akan tetapi media sosial dapat membuktikan jika saat ini Instagram mampu menjadikan alternatif yang dapat digunakan sebagai media dakwah di era sekarang.  Salah satu contohnya saat ini banyak kaum milenial yang sangat antusias dengan ajaran islam atau istilah kerennya adalah berhijrah, di Instagram sendiri memiliki tagar (#pemudahijrah) untuk yang baru memulai hijrah atau yang sudah berhijrah, dari sini bisa diketahui bahwa pengguna media sosial terutama Instagram memiliki antusiasme untuk melakukan penyebaran agama Islam dengan baik. Sehingga Instagram tidak hanya digunakan untuk memposting kegiatan pribadi tetapi juga dapat digunakan untuk hal yang lebih baik, contohnya seperti konten-konten yang bernilai agamis dari beberapa akun instagram yang disebutkan diatas. (Riska/Agam/Anwar/Annisa)

Artikel yang Direkomendasikan

1 Komentar

Tinggalkan Balasan