Penulis : Thalia Fikriatur Rosyidah

 

BLACKPINK, grup idola asal Korea Selatan yang sedang naik daun dan menjadi perbincangan hangat di seluruh dunia. Grup idola beranggotakan 4 wanita cantik, yakni Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa ini tengah menjadi topik hangat pembicaraan karena keempat membernya resmi menjadi duta dari empat merek fashion ternama dunia.

Diawali dari Jennie, dikenal memiliki julukan “Human Chanel” dari fans K-Pop, ia akhirnya secara resmi didapuk menjadi House Ambassador Chanel. Hal tersebut diketahui lewat postingan instagram @chanelofficial pada 6 Maret 2019, dengan menambahkan keterangan “House Ambassador Jennie Kim attended the #CHANELintheSnow show at the Grand Palais in Paris earlier today. #CHANELFallWinter #CHANEL #PWF @jennierubyjane #JennieKim”. 

Beberapa waktu kemudian, Jennie diangkat menjadi Global Ambassador Chanel.  Chanel mengatakan alasan memilih Jennie sebagai brand ambassador-nya adalah karena mereknya menyasar generasi muda, serta loyalitas Jennie terhadap merek dan gayanya yang trendi sangat cocok dengan citra Chanel.  Tak hanya merek fashion, Jennie juga merupakan ambassador untuk merek kecantikan Hera.

Menyusul Jennie, anggota termuda BLACKPINK, Lisa yang dikenal sebagai anggota yang ceria dan memiliki aura yang kharismatik berhasil menarik perhatian rumah mode dunia, Celine. Pada Januari 2019, Lisa didapuk menjadi model atau muse untuk Celine, hingga pada 22 September 2019 ia dinobatkan menjadi Global Ambassador Celine. Juga tidak hanya untuk merek fashion saja, Lisa merupakan ambassador dari MAC Cosmetics.

Tidak berhenti di dua member saja, Jisoo yang sudah dikenal sebelum melakukan debutnya dengan BLACKPINK, pernah membintangi beberapa iklan dan menjadi model untuk sebuah merek. Hingga setelah debutnya, pada 2019 Jisoo dinobatkan sebagai Dior Beauty Ambassador Korea, dan pada 6 Maret 2021 Dior mengumumkan terpilihnya Jisoo sebagai Global Ambassador-nya lewat akun Instagram resmi Dior, dengan keterangan “The new Dior global ambassador for both Fashion and Beauty, @sooyaaa__ “. Jisoo sendiri didapuk menjadi brand ambassador Dior karena sesuai dengan karakter anggun yang dimiliki Dior.

Member terakhir yang baru-baru ini terpilih sebagai duta merek ternama dunia adalah Rose. Rose yang pada pertengahan tahun 2020 telah menjadi Global New Face Yves Saint Laurent ini kemudian secara resmi pada 4 Januari 2021 juga  diumumkan menjadi Global Ambassador YSL Beauty. 

Fakta yang cukup mengesankan dari penunjukan Rose sebagai global ambassador YSL adalah bahwa ia merupakan global ambassador pertama merek tersebut sejak didirikan 59 tahun yang lalu. Tak heran jika YSL melirik Rose sebagai brand ambassadornya, karena YSL selalu berbicara tentang kreativitas, mendorong batas-batas, dan kebebasan berpikir, yang sangat bisa digambarkan melalui Rose yang dikenal penuh semangat dan kreatif.

Penunjukan anggota BLACKPINK sebagai brand ambassador bukanlah tanpa alasan, selain karena aura yang dimiliki tiap anggota dan karakter yang sesuai dengan merek tersebut, pengaruh BLACKPINK terhadap penjualan suatu barang memang tak diragukan lagi. Mulai dari rok geometri seharga 600 ribu yang pernah dipakai Lisa, hingga kalung simple keluaran BVLGARI seharga Rp2,1 miliar yang langsung terjual habis di situs resminya. 

Baru-baru ini di tengah pandemi Covid-19 yang telah memengaruhi penjualan, banyak merek di dunia sedang berusaha mengatasi kesulitan yang dihadapinya. Seperti yang dilansir oleh kpopstarz.com, Lisa dan Jisoo memiliki kontribusi yang sangat signifikan pada kesuksesan Celine dan Dior di tengah pandemi.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan