Oleh: Puri Imroatul Jannah dan Putri Dyah Rahmawati

Festival Komunikasi atau biasa disingkat FesKom ini merupakan event yang diselenggarakan oleh mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAIN Kediri semester 6. Feskom ini diadakan untuk memenuhi syarat kelulusan pada mata kuliah praktikum event organizer yang merupakan mata kuliah wajib. Dengan Bapak Prilani, selaku dosen pengampu sekaligus penanggung jawab pada festival komunikasi tersebut. 

Sebab sebagai syarat kelulusan, festival ini digelar di penghujung semester genap. Selain adanya konser musik dengan berbagai bintang tamu ternama di puncak acara, dalam festival ini juga terdapat berbagai macam lomba. Seperti mural festival, presenter festival, Islamic fashion, dan photograpy festival. Lomba ini diadakan untuk mengapresiasikan bakat-bakat yang dimiliki oleh siswa SMA/sederajat yang berada di wilayah Kediri dan sekitarnya. Pada lomba-lomba tersebut juga terdapat berbagai doorprize bagi setiap juara. 

Feskom tersebut diadakan selama 2 hari. Mulai dari diselenggarakannya loma-lomba, pemilihan juara, sampai pada malam puncaknya, yaitu penampilan bintang tamu atau guestar yang terbuka untuk umum. Dan tentunya dengan beberapa aturan yang harus ditaati saat event itu berlangsung.

Selain itu, acara feskom ini juga merekrut adik tingkat atau mahasiswa KPI dibawah semester 6 untuk ikut berkontribusi menjadi penggembira guna membantu semester 6 untuk menyukseskan sekaligus memeriahkan acara Feskom tersebut. Meskipun hanya sebatas penggembira hal ini bisa menjadi pengetahuan sekaligus pengalaman untuk mahasiswa KPI semester 6 ke bawah agar tau Feskom itu seperti apa dan menjadi pembelajaran juga untuk Feskom yang akan mereka adakan selanjutnya. Sehingga, pengkontribusian ini sangat diperlukan dan juga sangat membantu.

Sebab itu, event ini menjadi event wajib yang diadakan oleh mahasiswa KPI. Selain untuk mendapatkan nilai kelulusan, event ini juga menjadi pembelajaran bagi adik-adik tingkat kemudian, agar bisa lebih berpengalaman untuk menangani festival komunikasi yang akan datang. Selain itu, dengan event ini kita juga dapat menghibur masyarakat sekitar melalui event music yang digelar. Lalu kita juga bisa membantu siswa-siswi SMA sederajat untuk menyalurkan bakat mereka dan memberi apresiasi dalam bidang yang sudah diperlombakan pada festival komunikasi tersebut. 

Event yang sukses tanpa kendala sedikitpun merupakan event yang sangat diharapkan dan didamba-dambakan oleh setiap penyelenggara event. Maka dari itu, sebagai mahasiswa yang masih perlu belajar, wajib hukumnya terus belajar dan belajar agar apa yang kita inginkan tercapai sesuai dengan harapan yang sudah kita rencanakan.

 

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan